Cara Mengaktifkan Mode Pegembang Di Android Panduan Lengkap

Tutorial180 Views

abdtimes.comMode pengembang pada Android merupakan fitur yang tersembunyi dan hanya dapat diakses setelah diaktifkan. Mode ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan dan konfigurasi tambahan yang tidak tersedia pada pengaturan bawaan Android. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengaktifkan mode pengembang di Android dengan lengkap.

Langkah 1: Buka Pengaturan Android Untuk mengaktifkan mode pengembang, Anda harus membuka pengaturan Android terlebih dahulu. Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Android Anda.

Langkah 2: Cari Tentang Telepon Setelah masuk ke Pengaturan Android, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Klik opsi ini untuk masuk ke pengaturan lebih lanjut.

Langkah 3: Klik Nomor Build Pada halaman “Tentang Telepon”, Anda akan menemukan opsi “Nomor Build” atau “Build Number”. Klik opsi ini tujuh kali secara berurutan. Setelah itu, akan muncul pesan konfirmasi bahwa mode pengembang telah diaktifkan.

Langkah 4: Masuk ke Mode Pengembang Setelah mengaktifkan mode pengembang, kembali ke pengaturan utama dan gulir ke bawah. Anda akan menemukan opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”. Klik opsi ini untuk masuk ke mode pengembang.

Langkah 5: Aktifkan Fitur Mode Pengembang Di dalam mode pengembang, Anda dapat menemukan berbagai fitur tambahan yang dapat diaktifkan untuk pengaturan dan konfigurasi lebih lanjut. Beberapa fitur tersebut adalah:

  1. Debugging USB Fitur debugging USB memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat Android ke komputer dan melakukan debug pada aplikasi Android. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi yang sedang Anda kembangkan berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kesalahan saat dijalankan.
  2. Skala Jendela Fitur skala jendela memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran jendela aplikasi pada perangkat Android Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memperbesar atau memperkecil jendela aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Opsi Tampilan Pengembang Fitur opsi tampilan pengembang memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan tampilan dan performa grafis pada perangkat Android. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memperbaiki masalah tampilan pada perangkat Android Anda.
  4. Pemantauan Kinerja Fitur pemantauan kinerja memungkinkan Anda untuk melihat penggunaan CPU, RAM, dan sumber daya lainnya pada perangkat Android Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat melihat aplikasi mana yang memakan sumber daya terbanyak pada perangkat Android Anda.
  5. Opsi Pengembang Jaringan Fitur opsi pengembang jaringan memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan jaringan yang lebih spesifik pada perangkat Android Anda. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengubah pengaturan jaringan seperti pengaturan APN, pengaturan VPN, dan sebagainya.

Langkah Tambahan: Mematikan Mode Pengembang di Android

Jika Anda sudah selesai menggunakan mode pengembang, maka sebaiknya mematikannya untuk menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan mode pengembang di Android:

Langkah 1: Buka Pengaturan Android Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Android Anda.

Langkah 2: Cari Opsi Pengembang Gulir ke bawah dan cari opsi “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”. Klik opsi ini untuk masuk ke mode pengembang.

Langkah 3: Matikan Mode Pengembang Di dalam mode pengembang, cari opsi “Matikan Opsi Pengembang” atau “Turn Off Developer Options”. Klik opsi ini untuk mematikan mode pengembang pada perangkat Android Anda.

Kesimpulan

Mode pengembang pada Android dapat membantu Anda melakukan pengaturan dan konfigurasi tambahan pada perangkat Android Anda. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa fitur penting dalam mode pengembang di Android yang dapat membantu Anda melakukan pengaturan dan konfigurasi tambahan pada perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan dan memahami fitur-fitur yang ada di dalam mode pengembang, Anda dapat memaksimalkan penggunaan perangkat Android Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *