Cara Install Ulang Windows 10 – Cara yang Sangat Mudah

Tutorial204 Views

Install ulang Windows adalah suatu tindakan yang harus dilakukan jika sistem operasi mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga tidak dapat diperbaiki dengan metode perbaikan biasa atau jika ingin menghapus seluruh data dan program yang ada di komputer. Tutorial install ulang Windows dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

langkah langkah :

  1. Backup Data Sebelum melakukan install ulang Windows, pastikan untuk mem-backup seluruh data penting yang ada di komputer. Data dapat disimpan ke dalam hard disk eksternal atau ke dalam cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox.
  2. Siapkan CD/DVD atau USB Bootable Untuk melakukan install ulang Windows, Anda membutuhkan CD/DVD installer atau USB bootable. Jika tidak memiliki CD/DVD installer, maka dapat membuat USB bootable menggunakan media creation tool yang dapat diunduh dari situs resmi Microsoft.
  3. Booting dari CD/DVD atau USB Setelah memiliki CD/DVD atau USB bootable, restart komputer dan masuk ke dalam BIOS atau UEFI. Setelah itu, pastikan pengaturan booting telah diatur untuk mem-boot dari CD/DVD atau USB. Kemudian, simpan pengaturan dan restart komputer lagi.
  4. Pilih Bahasa dan Klik Install Now Setelah booting dari CD/DVD atau USB, pilih bahasa yang diinginkan dan klik “Install Now”. Kemudian, baca dan setujui syarat dan ketentuan dari Microsoft.
  5. Pilih Jenis Instalasi Pada halaman berikutnya, pilih jenis instalasi yang diinginkan, yaitu Upgrade atau Custom. Jika ingin menghapus seluruh data dan program yang ada di komputer, pilih Custom.
  6. Partisi Hard Disk Setelah memilih Custom, pilih partisi hard disk yang ingin di-install Windows. Jika ingin membagi hard disk menjadi beberapa partisi, dapat memilih “New” dan menentukan ukuran partisi yang diinginkan.
  7. Instalasi Windows Setelah memilih partisi, klik “Next” dan proses instalasi Windows akan dimulai. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  8. Aktivasi Windows Setelah selesai, masukkan product key Windows dan klik “Next”. Jika tidak memiliki product key, dapat melewati tahap ini dan mengaktifkan Windows nanti.
  9. Set Up User Account Setelah aktivasi Windows, buat akun pengguna dengan mengisi nama dan password. Kemudian, klik “Finish”.
  10. Instal Driver dan Program Setelah berhasil login ke dalam Windows, instal driver dan program yang dibutuhkan. Driver dapat diinstal menggunakan CD/DVD atau dapat diunduh dari situs resmi produsen perangkat keras. Program dapat diinstal menggunakan installer yang telah di-download sebelumnya atau dapat diunduh dari situs resmi.

Itulah tutorial install ulang Windows yang dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Namun, pastikan untuk mem-backup seluruh data penting sebelum melakukan install ulang Windows dan melakukan tindakan dengan hati-hati agar tidak kehilangan data penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment